​19 RS Full Pasien, DPRD Gresik Minta Stadion Gejos Dimanfaatkan untuk Perawatan Pasien Covid-19

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Selasa, 02 Juni 2020 16:07 WIB

Wakil Ketua DPRD Gresik, Asluchul Alif.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPRD Gresik meminta Bupati Sambari Halim Radianto agar memanfaatkan Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos) untuk perawatan pasien Covid-19.

Langkah ini diusulkan lantaran 19 rumah sakit (RS) rujukan pasien Covid-19 yang ditunjuk Pemkab Gresik, sudah penuh. "Kami telah meminta Pak Bupati untuk memanfaatkan Stadion Gejos sebagai tempat perawatan pasien Covid-19, mengingat RS sudah full," ujar Wakil Ketua DPRD Gresik, Asluchul Alif kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (2/6/2020).

Menurut Alif, Bupati dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Gresik saat ini tengah membahas rencana penggunaan Stadion Gejos untuk perawatan pasien Covid-19. "Saat ini tengah dirapatkan," tegasnya.

Alif menerangkan, di Stadion Gejos ada 130 ruang yang bisa digunakan untuk perawatan pasien Covid-19. Untuk perlengkapan perawatan pasien Covid-19, mulai tempat tidur dan sarana medis lain, menurutnya bisa disiapkan secara bertahap.

"Nanti secara bertahap akan disiapkan. Jadi, nanti anggaran yang ada dialihkan tanpa harus persetujuan DPRD lagi, dan itu diperbolehkan oleh Permenkes," terangnya.

Dijelaskan Alif, pengadaan kebutuhan perlengkapan medis untuk perawatan pasien Covid-19 di Stadion Gejos akan diambilkan dari anggaran realokasi APBD 2020 untuk penanganan Covid-19.

"Kan masih banyak anggaran yang belum terserap, misal di pos belanja APD (Alat Pelindung Diri) dan BMHP (Bahan Medis Habis Pakai) sebanyak Rp 14 miliar lebih," jelas Ketua DPC Gerindra Gresik ini.

"Nantinya, ruang isolasi di Stadion Gejos hanya untuk pasien Covid-19 murni. Jadi, pasien Covid-19 yang dirawat nanti tak memiliki penyakit bawaan," imbuhnya.

Alif mengungkapkan, hingga Senin (1/6/2020), terdapat 178 pasien kasus Covid-19 di Gresik yang tak bisa tertampung seluruhnya di RS. Sebagian mereka akhirnya harus dirawat di RS Surabaya seperti klaster Sampoerna. "Juga ada yang disolasi di rumah pasien yang jumlahnya 18 orang," ungkapnya.

Alif berharap dengan adanya ruang isolasi baru di Stadion Gejos nanti, semua pasien Covid-19 bisa tertampung. "Semoga semua sembuh dan Covid-19 cepat berlalu," pungkasnya. (hud/zar)