Pimpinan Dewan Respons Keluhan Kades Terkait Layanan Puskesmas | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pimpinan Dewan Respons Keluhan Kades Terkait Layanan Puskesmas

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Senin, 01 Juni 2020 17:00 WIB

Nurochman, Wakil Ketua I DPRD Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Keluhan sejumlah kepala desa di Kota Batu terkait beberapa puskesmas yang diduga mempersulit warganya saat minta keterangan bebas Covid-19, mendapat respons serius Nurochman, S.H., Wakil Ketua I DPRD Kota Batu.

Sebelumnya, beberapa kades mengeluh karena warganya yang ingin cek kesehatan untuk keperluan surat keterangan bebas Covid-19 tidak mendapat respons pihak puskesmas. Padahal, mereka membutuhkan surat keterangan tersebut untuk diberikan ke perusahaan tempatnya bekerja.

Terkait hal ini, Nurochman meminta agar puskesmas memberikan surat keterangan bebas Covid-19 bagi masyarakat yang mebutuhkan. "Pelayanan harusnya bisa berjalan seperti biasanya, puskesmas harus memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama bagi yang bekerja di sekitar Malang raya maupun ke luar kota," katanya.

Bahkan politikus PKB ini mengaku telah melakukan koordinasi dengan Dinkes. Namun, dari hasil koordinasi tersebut, bahwa keterangan sehat dan bebas Covid-19 memang tidak bisa diberikan oleh puskesmas. Alasannya, pemeriksaan bebas Covid-19 harus melalui tes swab.

"Swab yang dilakukan oleh puskesmas adalah bagi masyarakat dengan kriteria atau ada indikasi terpapar. Jika melakukan swab test secara mandiri, maka Dinkes tidak bisa memfasilitasi," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video