Sembuh dari Covid-19, Pesan Wanita Gresik Berusia 100 Tahun ini Diviralkan Gubernur Khofifah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sembuh dari Covid-19, Pesan Wanita Gresik Berusia 100 Tahun ini Diviralkan Gubernur Khofifah

Editor: MMA
Sabtu, 30 Mei 2020 13:47 WIB

Eyang Kamtin (tengah), warga Dusun Gendong (perbatasan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik) merupakan survivor Covid-19 tertua di Indonesia. Ia sembuh dari covid-19. foto: ist/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Cara unik dilakukan Gubernur Jatim Indar Parawansa dalam memperingati Hari Nasional yang jatuh pada Jumat 29 Mei 2020.

Gubernur secara khusus menyapa para lansia yang berada di beberapa UPT PSTW Dinas Sosial Jatim melalui Video Conference. Salah satunya adalah Kamtin, yang merupakan pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh.

Eyang Kamtin, begitu warga Dusun Gendong (perbatasan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik) itu biasa disapa, merupakan survivor Covid-19 tertua di Indonesia.

Eyang berusia 100 tahun tersebut dinyatakan sembuh dari covid-19 setelah menjalani perawatan selama empat pekan di salah satu rumah sakit di Kota Surabaya.

"Ibu kami dirawat sebulan di rumah sakit PHC karena Covid-19. Alhamdulillah karena beliau disiplin, rajin minum vitamin dan menjalankan hidup bersih dan sehat hingga sekarang, ibu kami sehat," tutur Siti Aminah, menantu dari putra terakhir Eyang Kamtin.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa lansia menjadi populasi berisiko saat terpapar covid-19. Namun apa yang terjadi pada Eyang Kamtin yang berhasil sembuh dan menjadi survivor covid-19 tertua di Indonesia menjadi optimisme tersendiri.

"Pesan dari Eyang Kamtin dalam melawan covid-19 adalah yang penting disiplin, dan biasakan untuk hidup bersih dan sehat. Itu juga yang terus kami sampaikan ke warga di sekitar kami tinggal. Yang alhamdulillah juga adalah salah satu kampung tangguh," ucap Siti Aminah.

Berkaca pada kesembuhan Ibu Kamtin, Gubernur berpesan akan pentingnya tingkat kedisiplinan dan pola hidup bersih sebagai faktor kesembuhan pasien Covid-19.

"Disiplin adalah vaksin paling manjur di saat vaksin Covid-19 belum ditemukan. Kedua adalah hidup bersih dan ketiga serta ikuti protokol kesehatan," ungkap Gubernur seusai melakukan Video Conference dengan para lansia di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Jum'at (29/5) malam.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video