Ketua DPRD Gresik Minta Pemkab Libatkan RMI dan Muhammadiyah Sebelum Berlakukan New Normal di Ponpes | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ketua DPRD Gresik Minta Pemkab Libatkan RMI dan Muhammadiyah Sebelum Berlakukan New Normal di Ponpes

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Jumat, 29 Mei 2020 21:10 WIB

Ketua DPRD Gresik, Fandi Akhmad Yani.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua DPRD , Fandi Akhmad Yani meminta Pemkab melibatkan pihak terkait seperti Robithah Ma'ahid al Islamiyah (RMI), unsur Muhammadiyah, dan pihak terkait dalam mempersiapkan (kelaziman baru). Terutama, sebelum menentukan protokol untuk kegiatan belajar mengajar di pondok pesantren (ponpes).

"Seyogyanya Pemkab kalau rapat membahas persiapan untuk aktivitas di ponpes, undang dan libatkan RMI, unsur Muhammadiyah, dan pihak terkait. Sebab, mereka yang memahami kondisi pesantren," ujar Fandi Alamad Yani kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (29/5/2020).

Langkah ini, kata Fandi Akhmad Yani, dilakukan agar pemerintah mengetahui secara langsung kondisi pesantren di saat pandemi Covid-19. "Pemerintah tak ada salahnya minta saran dan masukan mereka, sehingga pemerintah bisa tahu apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan sebelum memberlakukan di ponpes-ponpes," terang politikus muda PKB ini.

Gus Yani, begitu panggilan akrabnya, mengungkapkan bahwa RMI bertugas melaksanakan kebijakan Nahdlatul Ulama (NU) di bidang pengembangan pondok pesantren, dan pendidikan keagamaan. "Mereka yang tahu persis persoalan pesantren saat pandemi Covid-19 seperti saat ini," jelasnya.

Senada dengan Yani, Ketua Fraksi Amanat Pembangunan (FAP) DPRD , Khoirul Huda juga meminta pemkab melibatkan RMI sebelum menentukan protokol new normal untuk pesantren.

Karena itu, ia menyayangkan rapat terbatas membahas persiapan yang dipimpin Wabup Moh. Qosim tanpa melibatkan RMI Kabupaten . Rapat itu hanya dihadiri Kepala Kemenag Markus, Pj Sekda Nadlif, dan sejumlah undangan.

"Seharusnya pihak pesantren dilibatkan agar bisa bersinergi. Makanya, menyikapi hasil rapat koordinasi Pemda dengan Kemenag Kabupaten , kami menyayangkan tidak dilibatkannya RMI," ujarnya

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video