Gali Tanggul Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro untuk Pengairan, Kades Prigi Diminta Tanggung Jawab | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gali Tanggul Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro untuk Pengairan, Kades Prigi Diminta Tanggung Jawab

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Eky Nurhadi
Jumat, 15 Mei 2020 14:09 WIB

Tim BPBD bersama Satpol, BBWS, Pemdes, TNI, dan Polri langsung mendatangi lokasi guna melakukan pengecekan kondisi tanggul.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Tanggul sungai Bengawan Solo di Desa Kanor, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, dipotong oleh beberapa warga. Pemotongan tanggul ini menyalahi aturan dan mengancam putusnya tanggul saat sungai sedang banjir.

Informasi yang diterima dari Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro menyebutkan, pemotongan tanggul sungai dilakukan Kamis (14/5) pagi kemarin dengan alat berat eskavator. Tujuannya untuk penanaman pipa areal persawahan di Desa Prigi, Kecamatan Kanor.

Namun, kegiatan tersebut diketahui oleh Petugas OP IV (BBWS) Bengawan Solo. Selanjutnya, petugas melaporkan aktivitas itu ke kantor OP IV. Tim BPBD bersama Satpol, BBWS, Pemdes, TNI, dan Polri langsung mendatangi lokasi guna melakukan pengecekan kondisi tanggul.

"Kita lakukan assessment dan koordinasi dengan pihak terkait. Pemotongan tanggul dengan lebar 1 meter dan kedalaman 1 meter setengah digunakan untuk penanaman pipa ukuran 10 dim sebagai alat pengairan persawahan Desa Prigi," ujar Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro Nadif Ulfia Jumat pagi, (15/5/20).

Darmono, Kepala Desa Prigi saat dikonfirmasi menjelaskan, pemotongan tanggul Bengawan Solo merupakan inisiatif pemerintah desa setempat guna pengairan areal persawahan Desa Prigi. Namun dalam kegiatan tersebut, pihaknya tidak melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak-pihak terkait yang membawahi tanggul sungai.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video