Meski Dalam Situasi Pandemi Covid-19, UTBK dan SBMPTN 2020 Tetap Dilaksanakan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Meski Dalam Situasi Pandemi Covid-19, UTM Tetap Gelar UTBK dan SBMPTN 2020

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ahmad Fauzi
Kamis, 14 Mei 2020 14:32 WIB

Wakil Rektor I UTM, Dr. Deni Setya Bagus Yuherawan, S.H., M.S.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri () 2020, tetap akan dilaksanakan oleh Universitas Trunojoyo Madura (UTM) walaupun saat ini sedang terjadi wabah Covid-19. Pendaftaran UTBK dan akan berlangsung dari tanggal 2-20 Juni 2020, sedangkan pelaksanaan ujian pada 5-12 Juli 2020, dan pengumuman penerimaan pada 25 Juli 2020.

Wakil Rektor I UTM Bidang Akademik, Dr. Deni Setya Bagus Yuherawan, S.H., M.S., mengatakan, pelaksanaan UTBK ini sudah menjadi kesepakatan dari seluruh PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang ada. Hal ini dilakukan dengan menyesuaikan konten dan jadwal pelaksanaan tes, sehingga dalam pelaksanaannya akan mengalami perbedaan dibandingkan dengan UTBK di tahun sebelumnya.

"Saat ini, kita sudah keterbatasan waktu, jadi UTBK tahun ini hanya ada satu jenis tes saja. Yakni, tes skolastik, sedangkan untuk tes akademik, ditiadakan," ujarnya kepada BANGSONLINE.com saat ditemui di Gedung Rektorat UTM, Kamis (14/5/2020).

Ia yakin meski tes akademik ditiadakan, tidak akan mengurangi kualitas dari calon mahasiswa itu sendiri. Pasalnya, ability seseorang bisa diketahui dari tes skolastik saja.

"Pengamat akademik juga mengatakan kalau tes potensi skolastik lebih berpengaruh. Karena tes lebih mengutamakan karakter pribadi dan bisa digali lebih jauh lagi, sedangkan tes potensi akademik hanya mengacu pada mata pelajaran yang dipelajari saja," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video