Kadinkes Bangkalan: Pelaut yang Baru Datang dari Luar Negeri Harus Jujur dan Disiplin | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kadinkes Bangkalan: Pelaut yang Baru Datang dari Luar Negeri Harus Jujur dan Disiplin

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Subaidah
Rabu, 13 Mei 2020 16:05 WIB

H. Sudiyo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten , H. Sudiyo mengimbau masyarakat yang berprofesi sebagai dan datang dari mancanegara untuk jujur perihal kedatangannya. Hal itu dikarenakan dari 20 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di , 75 persennya berasal dari klaster luar negeri.

"Dari 20 orang itu, 15 orang dari klaster pelayaran, dan 5 orang sisanya dari TKHI, sehingga 75 persen pasien Covid-19 ini didominasi oleh klaster pelayaran dari mancanegara, bukan lokal," jelasnya saat dijumpai di kantornya, Rabu (13/5/2020).

Kadinkes mengimbau kepada warga yang berprofesi ini untuk jujur memberikan keterangan kepada petugas, serta bertindak disiplin sesuai dengan anjuran pemerintah. Yakni dengan melakukan pelaporan kedatangan kepada tim satgas di daerah masing-masing.

"Karena ada beberapa pelayar ini yang menutup diri. Merasa tidak berdosa, tidak mau isolasi mandiri karena merasa dirinya itu sehat, dan malah berkeliaran ke mana mana. Jadi, saya harap lebih disiplin lagi kalau dirinya berasal dari negara endemik," ujarnya.

"Kejujuran ini perlu dilakukan untuk keselamatan dirinya, keluarganya, serta masyarakat sekitar. Kedisiplinan ini, bisa dilakukan dengan cara melaporkan kedatangan dan melakukan isolasi mandiri sesuai protokol kesehatan Covid-19," tambahnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video