Minggu Depan, RSUD Sidoarjo Bisa Uji Swab Sendiri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Minggu Depan, RSUD Sidoarjo Bisa Uji Swab Sendiri

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Selasa, 12 Mei 2020 18:32 WIB

Direktur RSUD Sidoarjo, dr. Atok Irawan.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Uji swab harus ditempuh untuk memastikan seseorang positif terpapar Covid-19 atau tidak. Masalahnya, di belum ada lembaga maupun rumah sakit yang bisa melakukan tes swab. Nah, RSUD saat ini telah mempersiapkan peralatannya. Minggu depan, rumah sakit plat merah ini diperkirakan telah bisa melakukan uji swab.

Hal itu dikatakan Direktur RSUD dr. Atok Irawan, Selasa (12/5/2020) pagi. "Saat ini kita telah mempunyai mesin PCR untuk identifikasi tuberkulosis, serta laboratorium lengkap dengan dokter spesialis mikrobiologi. Kita cuma butuh mengubah komponen cartridge-nya ke arah Covid. Sehingga hasil uji swab tidak membutuhkan waktu lama. Kita masih menunggu cartridge itu dari pusat," jelas dr. Atok.

Dr. Atok menjelaskan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan akan menambah mesin PCR, bukan hanya di Institute of Tropical Disease (ITD) Unair, namun juga rumah sakit yang sudah mempunyai mesin PCR seperti RSUD akan diberikan cartridge untuk mendeteksi Corona. Minggu depan, diharapkan cartridge tersebut sudah tersedia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video