Bupati Pacitan Umumkan Ada Tambahan Satu Pasien Positif Covid-19

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Kamis, 07 Mei 2020 22:04 WIB

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Pacitan, Bupat Indartato saat menyampaikan tambahan satu pasien positif Covid-19.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pacitan kembali bertambah satu orang. Dengan begitu, total sudah ada 7 warga Pacitan yang positif Covid-19.

Satu pasien tambahan conform Covid-19 itu, berasal dari klaster Temboro. Hal ini disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pacitan, Bupati Indartato, Kamis (7/5) sore.

Indartato mengatakan, pasien tambahan tersebut merupakan santri laki-laki asal Kecamatan Ngadirojo. "Kami tekankan agar masyarakat selalu mengikuti protokol kesehatan. Selalu memakai masker saat keluar rumah," tegasnya.

Adapun dari sebanyak 7 pasien positif Covid-19 tersebut, 5 orang di antaranya berasal dari transmisi lokal klaster Asrama Haji Sukolilo, 1 orang klaster Temboro, dan 1 orang warga Kecamatan Tulakan yang sampai detik ini belum diketahui dari mana tertularnya.

Namun, informasi sementara yang diterima awak media, pasien tersebut dikabarkan tertular virus SARS-CoV-2 saat melakukan cuci darah di salah satu rumah sakit yang berada di Surabaya.

Terpisah, Juru Bicara Gugas Covid-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto menyampaikan, saat ini ada 4 santri dan santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fatah, Temboro, Kabupaten Magetan, yang dinyatakan reaktif hasil rapid test. Selain itu, 5 keluarga mereka juga mengalami hal yang sama.

Saat ini keempat santri tersebut sedang menjalani masa isolasi di wisma atlet. "Jumlah klaster Temboro ada 9 orang, 4 santri dan 5 orang tua mereka. Namun yang tinggal di wisma atlet ada 11 orang. Yang dua orang tersebut, 1 di antaranya PDP asal Jakarta dan 1 PDP episentrum PLTU," katanya. (yun/ian)