Tafsir Al-Kahfi 9-10: Perbedaan Kahfi dan Ghar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tafsir Al-Kahfi 9-10: Perbedaan Kahfi dan Ghar

Editor: Redaksi
Rabu, 06 Mei 2020 00:03 WIB

Goa Ashabul Kahfi. foto: gomuslim.co.id

Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*

9. Am hasibta anna ash-haaba alkahfi waalrraqiimi kaanuu min aayaatinaa ‘ajabaan

Apakah engkau mengira bahwa orang yang mendiami gua, dan (yang mempunyai) raqim itu, termasuk tanda-tanda (kebesaran) Kami yang menakjubkan?

10. Idz awaa alfityatu ilaa alkahfi faqaaluu rabbanaa aatinaa min ladunka rahmatan wahayyi/ lanaa min amrinaa rasyadaan

(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, “Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.”

TAFSIR AKTUAL

Ashab al-Raqim hanya disinggung namanya saja dan tidak dikisahkan detailnya. Tidak sama dengan ashab al-kahf (pemuda goa) yang dikisahkan cukup lengkap, dari identitasnya sebagai pemuda (innahum fityah), akidahnya, keteguhan hatinya, dan sebagainya.

Ada perbedaan antara al-Kahf dengan al-Ghar. Kahf adalah goa yang besar dan luas berada di dalam sebuah gunung atau pegununan. Udaranya cukup sehat dan bisa dijadikan tempat tinggal untuk waktu yang lama. Pemuda goa bisa tinggal lama sekali di goa ini.

Sedangkan Ghar adalah goa kecil dan sempit. Hanya bisa muat beberapa orang dan terbatas sekali. Makanya, goa Hira' yang dijadikan semedi Nabi Muhammad SAW mengunduh wahyu perdana diistilahkan denga Ghar Hira', bukan kahfi Hira'. Goa Tsur yang dijadikan transit Nabi bersama Abu Bakr saat hijrah ke Madinah disebut Ghar Tsur, bukan Kahfi Tsur.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video