Pengamat Nilai Physical Distancing Pemkab Jember Tidak Efektif, Masih Banyak Ditemui Titik Keramaian | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pengamat Nilai Physical Distancing Pemkab Jember Tidak Efektif, Masih Banyak Ditemui Titik Keramaian

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Indrawan
Selasa, 05 Mei 2020 16:37 WIB

Salah satu titik keramaian yang masih terjadi saat penerapan physical distancing di Kabupaten Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Physical Distancing yang dilakukan Pemkab , dinilai kurang efektif oleh sejumlah pengamat. Sudah sebulan lebih diterapkan, namun titik keramaian masih tampak. Pembubaran keramaian yang dilakukan, dinilai negatif oleh masyarakat.

"Satgas di harus punya terobosan-terobosan yang mudah dipahami publik, tapi juga jangan melanggar hak masyarakat. Seperti contoh hak mencari rezeki," kata Pengamat Kebijakan Publik Universitas , Hermanto Rohman, Senin (4/5/2020) malam.

Hermanto mengatakan, pelaksanaan kebijakan physical distancing Pemkab saat ini tidak maksimal. "Karena Satgas itu hanya terfokus pada arus orang masuk dengan melakukan penjagaan di pintu masuk ke serta penanganan karantina yang ada di Sport Garden (JSG). Tapi soal di dalam wilayah , SOP-nya ini kurang jelas," ujarnya.

Menurut dia, edukasi perihal antisipasi pandemi harus juga sampai pada tingkat RT/RW, agar masyarakat tidak hanya terjebak pada persoalan Bantuan Langsung Tunai (BLT) saja. "Satgas di tingkat desa itu bingung apa yang harus dilakukan, maka harus ada regulasi turunan dari satgas di tingkat daerah," imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video