Tahu Kuning Khas Kota Kediri Mengandung Antioksidan Tangkal Corona

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 05 Mei 2020 11:35 WIB

Tahu takwa produksi Kota Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kota Kediri memiliki makanan khas yang disebut "tahu takwa". Berbeda dengan tahu di daerah lain yang warnanya putih, tahu takwa ini memiliki warna kuning yang didapat dari pewarna alami kunyit. Karena itulah, tahu takwa selain lezat, juga bisa membuat badan sehat.

"Menurut referensi yang saya baca, kunyit ini mengandung kurkumin. Nah, zat ini menjadi salah satu antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas dalam tubuh," jelas Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Selasa (5/5).

Menurut Mas Abu, panggilan akrab Wali Kota Kediri, kurkumin yang dikandung kunyit itu bisa meningkatkan enzim antioksidan yang membantu pertahanan tubuh dari virus. Selain itu, kunyit juga kaya dengan karetenoid dan vitamin B.

"Ini bisa meningkatkan kadar seretonin, sehingga membuat pikiran kita lebih fresh. Ingat, mengurangi stress sangat penting di masa pandemi Corona seperti sekarang," tambah Mas Abu.

Mas Abu juga mengatakan, bahan baku utama tahu yang berasal dari kedelai juga kaya akan protein nabati, dan mengandung 9 asam amino esensial. "Ini dari sumber referensi yang dapat dipercaya. Maka, mari masyarakat Kota Kediri perbanyak konsumsi tahu. Terutama tahu kuning khas Kota Kediri. Ini kan lauk makanan yang relatif murah, tapi menyehatkan," pesan Mas Abu. (uji/rev)