Warga di Jember Jadi Korban Hoax, Dituduh Positif Covid-19 oleh Ketua RT | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Warga di Jember Jadi Korban Hoax, Dituduh Positif Covid-19 oleh Ketua RT

Editor: .
Wartawan: Yudi Indrawan
Minggu, 26 April 2020 21:48 WIB

Ilustrasi.

Akibat informasi hoax adanya pasien positif di Perumahan Bumi Tegal Besar (BTB)  tersebut, warga setempat pun menjadi panik.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Sebuah keluarga yang tinggal di RT 03 RW 43 Perumahan Bumi Tegal Besar (BTB) Blok CJ 1G, Lingkungan Karanganyar, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates Kabupaten menjadi korban informasi hoax. Mereka dituduh oleh ketua RT sebelah, sebagai pasien positif .

Akibat informasi hoax tersebut, warga setempat pun menjadi panik.

Bahkan sebagai bentuk klarifikasi, suami korban yang disebut pasien positif sampai memberikan keterangan bahwa yang dituduhkan oleh Ketua RT sebelah tersebut tidak benar.

"Jadi tadi itu ada informasi tidak benar, yang dibuat oleh (Ketua) warga RT dan RW lain (tentang adanya keluarga yang positif ). Padahal suami yang dituduh itu tidak di rumah, tapi masih di Cikarang, Bekasi. Malah tidak bisa pulang kampung," kata Saeran, Ketua RT 03 saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (26/4/2020) sore.

Saeran menjelaskan, berdasarkan keterangan si pelaku penyebar hoax, yang merupakan Ketua RT 06 RW 18, informasi itu karena ia mengetahui ada satu keluarga sakit. Sedangkan salah seorang keluarga yang sakit itu berasal dari zona merah.

"Kebetulan ibunya (istri pemilik rumah yang dituduh hoax) saat ini sakit, anaknya pun juga sakit. Sementara suaminya berasal dari Bekasi (kerja). Padahal belum pulang," katanya.

Dengan beredarnya info hoax tersebut, Camat Kaliwates, Lurah, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa setempat datang bersama dengan petugas medis untuk memastikan kebenaran info. Selanjutnya mengecek kesehatan pemilik rumah yang dituduh positif .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video