Kreativitas Warga Kota Kediri saat Pandemi Corona, Bikin Gentong Cuci Tangan Lukis hingga Dekomposer | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kreativitas Warga Kota Kediri saat Pandemi Corona, Bikin Gentong Cuci Tangan Lukis hingga Dekomposer

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Sabtu, 25 April 2020 18:56 WIB

Sujiman dan gentong lukis hasil karyanya. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sujiman (59 tahun), warga Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota ini tidak menyangka, keisengannya mengunggah gentong cuci tangan karyanya ke grup RT memanen pesanan. Puluhan gentong cuci tangan lukis diproduksi per minggunya.

Pada saat pemerintah menginstruksikan warga untuk sering-sering cuci tangan dengan sabun, Sujiman membuat gentong cuci tangan berbahan gentong plastik bekas dan dipasang di depan rumahnya.

“Biar lebih bagus, saya gambari. Saya bukan pelukis, jadi gambaran saya seadanya. Tapi ternyata kok diminati,” katanya.

Sejumlah tiga gentong kecil untuk cuci tangan bergambar bunga dipasang di depan rumahnya. Keunikannya mengundang warga lain untuk memesan, termasuk Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota .

Tak kurang dari 100 unit gentong dengan kapasitas 25 liter dipesan untuk menghadirkan tempat cuci tangan di beberapa titik Kota dan juga pesanan warga. Selain itu, ukuran kecil-kecil ada juga yang dipesan tetangganya.

Untuk yang ukuran kecil, ia membandrol harga Rp 50 ribu/unit. Kendalanya hanya ketika harga bahan baku naik, maka ia terpaksa tak bisa memenuhi semua permintaan.

“Tadinya saya gambari sendiri. Kemudian ada teman pelukis yang menawarkan jasanya, makanya saya ajak sekalian,” kata Sujiman. Semangatnya adalah berbagi rezeki, sebab saat pandemi, banyak teman-teman seniman yang kehilangan pemasukan.

Produksi itu diminati banyak orang, khususnya di Kota . Bahkan karyanya ini menarik minat BNPB Pusat untuk meminta Sujiman membuat video tentang kampanye cuci tangan.

“Entah dari mana mereka tahu, saya ditelepon BNPB Pusat untuk bikin video. Mereka tertarik untuk bikin tutorial,” kata Sujiman. Tapi ternyata permintaan ini belum bisa dipenuhi. Selain sibuk mengerjakan banyak hal, Sujiman merasa tak ahli membuat video.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Kediri wirausaha

Berita Terkait

Bangsaonline Video