Tafsir Al-Isra 88: Hanya Al-Qur’an yang Berani Menantang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tafsir Al-Isra 88: Hanya Al-Qur’an yang Berani Menantang

Editor: Redaksi
Jumat, 24 April 2020 17:00 WIB

Ilustrasi.

Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*

88. Qul la-ini ijtama’ati al-insu waaljinnu ‘alaa an ya’tuu bimitsli haadzaa alqur-aani laa ya’tuuna bimitslihi walaw kaana ba’dhuhum liba’dhin zhahiiraan.

Katakanlah, “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa (dengan) Al-Qur'an ini, mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengannya, sekalipun mereka saling membantu satu sama lain.”

TAFSIR AKTUAL

Betapa ayat-ayat sebelumnya berbicara soal al-Qur'an yang hakikatnya memang firman Allah SWT beneran. Kebenarannya adalah kebenaran Tuhan, dan kesempurnaannya adalah kesempurnaan Tuhan. Tiada cacat sedikit pun di dalamnya, seperti tiada cacat sedikit pun pada Pemfirmannya. Kekuasaan-Nya mutlak dan tiada titah yang mampu menandingi. Begitu juga Kalam-Nya, tiada makhluq yang bisa menandingi.

Ayat kaji ini adalah ayat tantangan terbuka kepada dunia, jika masih meragukan keotentikan al-Qur'an sebagai Kalam-Nya. Silakan kawanan jin dan manusia bersekutu untuk membuat al-qur'an tandingan, dipastikan pasti tidak bisa. "laa ya’tuuna bimitslih". Karena tidak level ilmu semua makhluk dibanding ilmu Tuhan.

Pada ayat kaji ini tantangan membuat al-qur'an "utuh" tidak terespons sama sekali, lalu Tuhan menurunkan kadarnya. Silakan membuat al-qur'an tandingan, cukup sepuluh surat saja, "..fa'tu bi 'asyr suwar mitslih muftarayat.." (Hud:13). Dan tantangan tidak terespons.

Lalu Tuhan menurunkan kadarnya lagi hingga titik terendah. Ya sudahlah, jika kalian tetap tidak bisa dan masih ragu, "silakan membuat al-qur'an tandingan satu surat saja".(al-Baqarah:23). Dan hingga kini tidak ada satu pun baik dari kalangan Jin maupun manusia yang mampu menggubah firman sekelas al-qur'an.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video