Tafsir Al-Isra 86-87: Sekelas Nabi, Diancam Tuhan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tafsir Al-Isra 86-87: Sekelas Nabi, Diancam Tuhan

Editor: Redaksi
Jumat, 24 April 2020 14:59 WIB

Ilustrasi.

Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*

86. Wala-in syi‘naa lanadzhabanna bialladzii awhaynaa ilayka tsumma laa tajidu laka bihi ‘alaynaa wakiilaan.

Dan sesungguhnya jika Kami menghendaki, niscaya Kami lenyapkan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad), dan engkau tidak akan mendapatkan seorang pembela pun terhadap Kami,

87. Illaa rahmatan min rabbika inna fadhlahu kaana ‘alayka kabiiraan.

Kecuali karena rahmat dari Tuhanmu. Sungguh, karunia-Nya atasmu (Muhammad) sangat besar.


TAFSIR AKTUAL

Ayat 85 cukup menggembirakan Nabi Muhammad SAW, karena isinya berupa penganugerahan al-Ruh (ruh, nyawa atau al-qur'an) dan percikan ilmu meski sedikit. Sedangkan ayat kaji ini nyata-nyata bertutur tentang al-qur'an yang diancam bisa punah jika Tuhan menghendaki.

Dari sisi munasabah, atau ilmu tentang relevansi antara ayat kaji dengan ayat sebelumnya, terbacalah bahwa ayat kaji ini menguatkan tesis yang mengangkat bahwa makna kata "al-RUH" pada ayat 86 adalah al-QUR'AN, bukan nyawa. Meski begitu, tesis ini tidak berarti menafikan makna "al-ruh" sebagai nyawa atau ruh biasa yang ada pada setiap makhluq hidup. Hal demikian karena tradisi bahasa menunjuk demikian. Ruh ya ruh, nyawa. Itulah varian tafsir.

Ayat kaji ini tentang ancaman Tuhan terhadap nabi Muhammad SAW yang telah dianugerahkan "al-Ruh", agar jangan pongah dan tetap menjaga amanah. Jika tidak, Tuhan tidak segan-segan menarik kembali apa yang telah diwahyukan kepadanya. "Wala-in syi‘naa lanadzhabanna bialladzii awhaynaa ilayka ...".

Tegasnya, meskipun anugerah itu sesuci al-qur'an, meskipun yang dianugerahi sederajat nabi, manusia kesayangan-Nya sendiri, meskipun kebajikan al-qur'an untuk seluruh titah, bukan kepentingan pribadi nabi semata, tapi Tuhan tetap punya hak mutlak dan bebas berbuat sesusi kehendak-Nya, mencabut kembali firman suci-Nya yang telah dianugerahkan tersebut.

Dari ancaman ini, terbacalah dua sektor: pertama, jika kata "al-Ruh" dimaknai dengan ruh biasa, maka ilmu yang terkait dengannya, bahkan ilmu apa saja yang dimiliki manusia, berpotensi dicabut oleh Allah SWT.

Kedua, bila kata "al-Ruh" dimaknai sebagai al-qur'an, maka siapa saja yang memiliki al-qur'an, hafal al-qur'an, punya ilmu tentang al-qur'an, maka tidak segan-segan Tuhan mencabutnya jika Dia berkehendak. Meski Tuhan bisa berbuat semau-Nya, tetapi tidak akan pernah menzalimi manusia meski setimbangan dzarrah. Pasti ada human error yang dijadikan pertimbangan.

"... Illaa rahmatan min rabbika". Kecuali ada rahmah dari Tuhanmu. Inilah sifat melekat pada Diri Tuhan. Dia maha mengasihi, maha mengampuni dan maha menyayangi. Sedosa apapun seorang hamba, Tuhan tidak segera menindak, melainkan menunggu beberapa waktu dan ujung-ujungnya mengampuni, bila si hamba serius memohon ampunan. Kami sungguh sangat suka banget, puas banget mempunyai Tuhan satu-satunya, Allah SWT.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video