7.232 Pekerja Di-PHK Gara-gara Corona, DPRD Sidoarjo Dorong Perusahaan Berinovasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

7.232 Pekerja Di-PHK Gara-gara Corona, DPRD Sidoarjo Dorong Perusahaan Berinovasi

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Rabu, 15 April 2020 23:13 WIB

M. Damroni Chudlori. foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wabah virus Corona mulai berdampak pada sejumlah perusahaan di Sidoarjo. Para perusahaan itu melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 7.232 pekerjanya, pada pertengahan April ini.

Menyikapi hal itu, Ketua Komisi D M Damroni Chudlori meminta para perusahaan berinovasi guna menekan jumlah PHK. "Misalnya mengurangi jam kerja, atau sistem kerja shift, atau lainnya. Perusahaan yang lebih paham soal tersebut," cetusnya, Rabu (15/4).

Berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sidoarjo yang disampaikan ke Komisi D, sebanyak 7.232 pekerja yang di-PHK berasal dari sebelas perusahaan. Di antaranya bergerak memproduksi sepatu. Ada juga bidang perhotelan.

Dari 7.232 pekerja yang di-PHK, sebanyak 6.230 pekerja berasal dari satu perusahaan bidang sepatu. Saat ini, ribuan pekerja pabrik sepatu ini sudah dirumahkan dan bakal di-PHK per 1 Mei nanti.

Selain itu, saat ini lima perusahaan di Sidoarjo telah merumahkan 1.945 pekerjanya. Sehingga, total pekerja yang di-PHK dan dirumahkan, berjumlah 9.177 pekerja. Jumlah ini sebanyak 5.913 ber-KTP Sidoarjo dan sisanya luar Sidoarjo.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   DPRD Sidoarjo

Berita Terkait

Bangsaonline Video