Keputusan Kemenhub Perbolehan AirAsia QZ8501 Terbang Dipertanyakan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Keputusan Kemenhub Perbolehan AirAsia QZ8501 Terbang Dipertanyakan

Rabu, 31 Desember 2014 18:50 WIB

Pesawat AirAsia. foto: en.wikipedia.org

BangsaOnline - Sikap kementerian perhubungan yang membiarkan pesawat Airbus A-320 PK-AXC terbang tanpa membawa emergency manual harusnya diusut. Sebab, dokumen yang diwajibkan oleh EASA (badan keselamatan penerbangan Eropa) sejak 11 Desember itu sangat penting dalam keselamatan penerbangan pesawat Airbus.

tidak seharusnya membiarkan begitu saja ketika pesawat dengan nomor penerbangan QZ8501 itu akan terbang dari Surabaya menuju Singapura pada Minggu lalu (28/12).

"Itu dokumen penting menyangkut keselamatan penerbangan," kata Amran, Direktur Manajemen Lalu-lintas penerbangan Air Navigation (Air Nav) Indonesia kemarin (30/12).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, EASA pada 9 Desember 2014 lalu merilis Emergency Airworthiness Directive atau perintah terkait kelaikan terbang saat kondisi darurat. Dua hari kemudian aturan itu berlaku efektif. Perintah tersebut dikeluarkan untuk seluruh pesawat Airbus jenis A318, A319, A320, dan A321.

Aturan itu diterbitkan untuk merespon insiden yang terjadi pada sebuah pesawat Airbus jenis A321. Pesawat itu mengalami gangguan pada mekanisme Angle of Attack (AOA) saat mencoba naik ke posisi yang lebih tinggi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: jpnn.com

 

sumber : jpnn.com

 Tag:   Kemenhub

Berita Terkait

Bangsaonline Video