'Momok' Dunia Penerbangan yang Bernama Awan Kumulonimbus | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

'Momok' Dunia Penerbangan yang Bernama Awan Kumulonimbus

Rabu, 31 Desember 2014 16:49 WIB

Awan Kumulonimbus. foto: apakabardunia.com

BangsaOnline - Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (Lapan) menduga pesawat AirAsia QZ8501 gagal menghindari awan tebal kumulonimbus. Keberadaan awan kumulonimbus (cb) ini sudah diungkap oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelum peristiwa terjadi.

Awan Kumulonimbus semakin mengukuhkan diri sebagai momok atau "hantu" bagi dunia penerbangan. Cukup banyak pesawat berbadan besar yang telah merasakan keganasan jenis awan yang satu ini.

Demi menghindarinya, terkadang sebuah pesawat terpaksa menaikan ketinggian. Proses 'naik' pada ketinggian tertentu inilah yang menurut Lapan terlambat dilakukan oleh AirAsia. Sekali lagi, itu baru dugaan secara ilmiah dimana kepastiannya tentu belum terjamin.

Menurut Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Heru Djatmiko seperti dilansir metrotvnews, Awan kumlonimbus terbentuk karena pertemuan massa udara dari timur laut dan tenggara. Secara ilmiah, terdapat tiga fase pertumbuhan (cb). Pertama fase pertumbuhan, kedua fase matang dan terakhir fase mati.

BACA JUGA:

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: apakabardunia.com

 

sumber : apakabardunia.com

 Tag:   awan kumulonimbus

Berita Terkait

Bangsaonline Video