Sudah Puluhan yang Positif Covid-19, Kemenag Jatim Pantau Peserta Pelatihan Calon Petugas Haji | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sudah Puluhan yang Positif Covid-19, Kemenag Jatim Pantau Peserta Pelatihan Calon Petugas Haji

Editor: Revol Afkar
Minggu, 12 April 2020 00:50 WIB

Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur, Ahmad Zayadi.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Gugus Tugas Pencegahan terus memantau kondisi kesehatan peserta pelatihan petugas haji Jawa Timur. Menurut Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur Ahmad Zayadi, ini dilakukan usai teridentifikasinya peserta pelatihan yang positif terpapar . Bahkan, peserta pelatihan yang dipastikan positif sudah mencapai puluhan orang.

Zayadi pun meminta seluruh peserta pelatihan petugas haji Jawa Timur dapat proaktif melakukan protokol kesehatan pencegahan , salah satunya dengan melakukan isolasi mandiri.

"Kami sudah sampaikan ke kantor Kemenag se-Jatim agar kawan-kawan yang kemarin bersama-sama dengan Dinas Kesehatan menyelenggarakan pelatihan petugas haji segera memeriksakan kesehatannya dan melakukan isolasi mandiri," kata Zayadi, Rabu (08/04).

Zayadi menyampaikan, Pelatihan Petugas Haji di Asrama Haji Sukolilo diikuti oleh 415 peserta, yang dikelompokkan dalam 10 kelas. "Kegiatannya dimulai tanggal 9 Maret hingga tanggal 18 Maret kemarin, sebelum adanya SE Gubernur dan Maklumat Polri tentang kewaspadaan ," jelas Zayadi.

Ia menerangkan, Surat Edaran Gubernur Jawa Timur nomor 420/1780/101.1/2020 perihal peningkatan kewaspadaan terhadap coronavirus disease () di Jawa Timur baru terbit tanggal 15 Maret 2020. Sementara, Maklumat Kapolri nomor Mak/02/III/2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona () muncul pada tanggal 19 Maret 2020.

Saat ini, Gugus Tugas Pencegahan Penularan COVID-19 Kanwil Kemenag Jawa Timur terus berkordinasi dengan Dinas Kesehatan dan mitra terkait lainnya, untuk memberikan layanan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Kami juga terus memberikan perhatian dan membangun silaturrahim dengan keluarga peserta yang teridentifikasi . Kita terus membangun semangat, dan terus membangun optimisme,” ujar Zayadi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video