Sosiolog Dr. Ria Angin Jelaskan Dampak Social Distancing di Pedesaan dan Perkotaan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sosiolog Dr. Ria Angin Jelaskan Dampak Social Distancing di Pedesaan dan Perkotaan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
Jumat, 10 April 2020 19:18 WIB

Dr. Ria Angin, M.Si.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Di tengah wabah penyebaran virus Corona (), pemerintah mengimbau masyarakat untuk lebih menjaga interaksi dengan melakukan social distancing. Namun, menurut Sosiolog Universitas Muhammadiyah (UMJ) Dr. Ria Angin, M.Si, imbauan pemerintah tentang social distancing ini tidak berpengaruh signifikan di wilayah pedesaan.

Menurut Ria, pola hubungan sosial di lapisan masyarakat pedasaan tidak ada perubahan secara besar dengan adanya dan anjuran social distancing itu.

“Dari analisis saya, tidak ada perbedaan terkait imbauan social distancing. Hanya bedanya, saaat ini warga di desa interaksi menggunakan masker,” kata Dosen Analisa Kebijakan Pemerintahan, Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UM ini, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Jumat (10/4/2020) sore.

Sejauh ini, kata Ria, hubungan sosial masyarakat pedesaan masih tetap layaknya sebelum ada wabah. “Pola hubungan sosial yang masih terjaga di pedesaan, karena masyarakat pedesaan mayoritas tidak bergantung pada pekerjaan di sektor informal. Sehingga aktivitas sehari-hari mereka relatif tidak terganggu, seperti halnya para petani di pedesaan,” katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video