Pemkab Gresik Siapkan Rp 150 M untuk Penanganan Dampak COVID-19 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkab Gresik Siapkan Rp 150 M untuk Penanganan Dampak COVID-19

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Selasa, 07 April 2020 15:48 WIB

Bupati Sambari bersama pejabat Forkopimda saat melepas pemberian bantuan sembako dampak COVID-19 kepada masyarakat. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menyiapkan dana APBD 2020 sebesar Rp 150 miliar untuk penanganan COVID-19. Hal ini diungkapkan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat melepas pemberian bantuan sembilan bahan pokok (sembako) kepada masyarakat dampak COVID-19, di halaman kantor pemkab setempat, Selasa (7/4).

Bupati mengungkapkan, saat ini juga sudah memberikan kebijakan untuk membebaskan retribusi bagi seluruh pedagang pasar yang beraktivitas di seluruh pasar milik Pemerintah Kabupaten Gresik.

"Kami bersama tim anggaran telah menyiapkan dana ini, untuk mengantisipasi berbagai dampak yang diakibatkan oleh COVID-19. Kami berharap kebijakan ini didukung oleh semuanya, baik itu dari Forkopimda maupun dari pihak legislatif. Untuk kebijakan tidak menarik retribusi bagi pedagang pasar, hari ini (Selasa, Red) suratnya sudah kami luncurkan. Paling lambat besok (Rabu, Red) sampai waktu yang belum ditentukan sudah tidak akan ditarik restribusi," paparnya.

Bupati yang juga Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan COVID-19 menyatakan, tahap awal, paket sembako ini berjumlah 20 ribu paket. Tiap paketnya berisi 5 kg beras, mie instan, kecap, dan lain-lain.

Ada 5 wilayah kecamatan yang menjadi sasaran awal pembagian paket sembako, yaitu Kebomas, Gresik, Panceng, Manyar, dan Driyorejo. Sesuai rencana, ada 400 ribu paket sembako yang akan dibagikan pada bulan April, Mei, Juni, dan Juli, tergantung situasi.

"Paket sembako ini akan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19. Para penerima diambil dari data yang sudah ada di Dinas Sosial, Bappeda, dan Bagian Kesejahteraan Masyarakat, Setda Gresik," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pemkab Gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video