Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pacitan Minta Masyarakat Patuhi Imbauan Pemerintah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pacitan Minta Masyarakat Patuhi Imbauan Pemerintah

Editor: .
Jumat, 03 April 2020 15:54 WIB

Rachmad Dwiyanto, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 , Rachmad Dwiyanto meminta masyarakat mematuhi imbauan pemerintah terkait social distancing dan physical distancing. Mengingat, jumlah pasien Covid-19 tiap harinya terus bertambah.

Menurut Rachmad, selama ini kesadaran masyarakat untuk mengikuti imbauan pemerintah masih sangat rendah. Ia menyontohkan mengenai ibadah berjamaah di masjid. Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pusat, sudah mengeluarkan fatwa untuk melakukan ibadah dirumah. Akan tetapi pelaksanannya di daerah belum maksimal, imbauan tersebut diabaikan.

"Selain itu masih kita dapati banyak masyarakat berkerumun, tanpa mengindahkan jarak fisik atau jarak sosial (physical distancing atau social distancing)," ujarnya, Jumat (3/4).

"Kalau masyarakat ingin wabah virus Corona ini cepat berlalu, imbauan pemerintah berupa social distancing dan physical distancing harus dipatuhi. Kedepankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan selalu cuci tangan pakai sabun (CTPS), terutama sebelum makan atau sebelum menyentuh mulut, hidung, ataupun mata. Selain itu tetap stay at home. Kalau tidak terlalu urgen, lebih baik tetap tinggal di rumah," tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Rachmad juga menjelaskan adanya kategori baru terhadap orang yang diduga terpapar Covid-19, yakni OTG (Orang Tanpa Gejala). Menurutnya, OTG adalah orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien yang dinyatakan positif Covid-19. Namun, ia tidak menampakkan gejala sakit apapun.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pacitan

Berita Terkait

Bangsaonline Video