Totalitas Lawan Covid-19, Kampung Manukan Lor Gelar Penyemprotan Disinfektan Siang-Malam | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Totalitas Lawan Covid-19, Kampung Manukan Lor Gelar Penyemprotan Disinfektan Siang-Malam

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Kamis, 02 April 2020 11:26 WIB

Warga Kampung Manukan Lor IIIA RT 03 RW XII, Kelurahan Manukan Kulon sedang beraksi melakukan penyemprotan ke rumah-rumah yang dihuni sekitar 70 KK ini, Rabu (1/4) malam. foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejak Pemerintah Kota (Pemkot) menyerukan untuk perang melawan virus Corona (Covid-19), berbagai upaya telah dilakukan. Mulai dari pemasangan wastafel portable, pembagian hand sanitizer, penyediaan bilik disinfektan, hingga penyemprotan cairan disinfektan sampai ke penjuru kampung.

Keterbatasan personel yang bertugas untuk melakukan penyemprotan hingga ke kampung-kampung ini pada akhirnya melahirkan relawan-relawan dari kampung itu sendiri. Tak terkecuali di wilayah Kampung Manukan Lor, Kelurahan Manukan Kulon, Kecamatan Tandes, Kota .

Seakan tak kenal waktu, para relawan yang terdiri dari warga RT 03 RW XII ini melakukan penyemprotan disinfektan pada siang dan malam hari. Seperti yang mereka lakukan pada Rabu (1/4) malam, tim relawan yang dikomandoi oleh ketua RT ini menggelar penyemprotan disinfektan.

"Kita lagi melakukan penyemprotan disinfektan pada malam hari ini dikarenakan siangnya mereka ada yang masih bekerja. Meski sudah diberlakukan WFH (Work From Home), mereka ada yang masuk kerja sistem sehari masuk sehari di rumah," kata Sunardi, Ketua RT 03 Kampung Manukan Lor Gang IIIA ini.

Nardi, sapaan Sunardi, mengatakan penyemprotan disinfektan ini sudah keempat kalinya digelar. Pertama pada hari Kamis (26/3), kedua pada hari Jumat (27/3), ketiga pada hari Minggu (29/3) lalu, dan keempat pada Rabu (1/4) malam.

"Dari kelurahan sudah melakukan penyemprotan disinfektan sebanyak dua kali, yakni pada hari Kamis dan Jumat. Sedangkan penyemprotan disinfektan pada hari Minggu dan Rabu malam ini merupakan inisiatif dari warga sendiri secara mandiri," akunya.

Kemandirian dari warga Kampung Manukan Lor ini bisa dilihat dari peralatan yang mereka gunakan untuk melakukan penyemprotan. Mulai dari alat semprot pestisida, hingga mesin steam yang biasa dipakai untuk mencuci mobil atau motor.

Selain peralatan, obat disinfektan juga mereka peroleh dengan cara mandiri, yakni swadaya warga. Pada penyemprotan pertama dan kedua, Nardi mengatakan bahwa obat disinfektan dan petugas semuanya dari kelurahan. Dalam meracik cairan disinfektan, warga telah dibekali pelatihan meracik di kelurahan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Surabaya

Berita Terkait

Bangsaonline Video