Wali Kota Malang: Realokasi Anggaran Proyek MCC Belum Perlu

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
Selasa, 31 Maret 2020 21:36 WIB

Sutiaji, Wali Kota Malang.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Desakan DPRD Kota Malang agar Pemkot Malang merealokasi anggaran pembangunan Malang Creative Center (MCC) sebesar Rp 125 miliar, ditanggapi santai oleh Wali Kota Sutiaji.

Menurutnya, usulan dewan itu belum diperlukan, karena anggaran untuk penanganan Covid-19 dinilainya sudah sangat cukup. Apalagi, proses lelang proyek MCC sudah hampir selesai.

"Anggaran penanganan Covid-19 sudah teralokasikan dari anggaran OPD, total mencapai Rp 58,2 miliar sekian. Sehingga kami memandang belum perlu merealokasi (mengalihkan)," tegasnya.

Terkait hal ini, Ketua Komisi D Achmad Waendi mengatakan pihaknya menyerahkan kebijakan penanganan Covid-19 kepada wali kota. "Terpenting, DPRD sudah mengusulkan untuk menunjang kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah," kata Wanedi.

"Syukur alhamdulillah jika dalam penanganan Covid-19 tidak sampai membutuhkan biaya besar. Akan tetapi, sekiranya nanti di tengah perjalanan ada perubahan, pembangunan MCC ternyata tidak terlaksana, kami akan mengevaluasinya," tambah politikus PDIP Dapil Sukun ini.

Terpisah, Anggota Komisi C Fuad Rahman meminta Pemkot Malang segera menginformasikan kepada DPRD terkait kebutuhan anggaran penanganan Covid-19. "Mulai dari pengadaan Alkes, jaminan dampak sosial ekonomi, dan biaya pengamanannya," tandasnya.

Menurutnya, hal itu penting untuk memetakan kebutuhan ke depan dan mengantisipasi seandainya terjadi kekurangan. (iwa/thu/rev)