Komandan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Beralih ke Bupati, Kapolres, serta Dandim

Editor: .
Selasa, 31 Maret 2020 12:23 WIB

Deni Cahyantoro, Kabag Hukum Setda Pemkab Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Seiring meningkatnya jumlah pasien virus Corona (Covid-19), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akhirnya mengeluarkan surat edaran untuk merubah struktur gugus tugas di masing-masing daerah.

Semula satuan gugus tugas penanganan Covid-19 dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda). Seiring terbitnya surat edaran Mendagri tersebut, komandan gugus tugas harus bupati, dan wakil komandan gugus tugas dipegang oleh kapolres dan komandan kodim (Dandim).

Kabag Hukum Setda Pemkab Pacitan, Deni Cahyantoro mengatakan, hari ini perubahan surat keputusan bupati tengah disusun. "Kita berharap hari ini tuntas. Sehingga mulai besok sudah bisa dilaksanakan ketentuan susunan gugus tugas penanganan Covid-19," ujarnya di sela-sela melakukan video conference (vicon), Selasa (31/3).

Menurut Deni, dalam surat edaran Mendagri ditegaskan, bahwa komandan gugus tugas penanganan Covid adalah bupati. Dan wakil komandan yaitu kapolres bersama Dandim. "Komandan gugus tugas penanganan Covid-19 ada di bupati. Ketentuan itu tak bisa didelegasikan," tegas Deni.

Ia menambahkan, peralihan tongkat komando gugus tugas penanganan Covid-19 tersebut, guna optimalisasi kinerja satuan tugas dalam penanganan dan pencegahan Covid-19.