Rizal Ramli Usulkan Pemerintah Gunakan Anggaran Infrastruktur untuk Selamatkan Ekonomi Rakyat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Rizal Ramli Usulkan Pemerintah Gunakan Anggaran Infrastruktur untuk Selamatkan Ekonomi Rakyat

Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Senin, 30 Maret 2020 23:57 WIB

Ekonom Senior, Doktor Rizal Ramli saat kunjungan ke Surabaya, beberapa waktu lalu. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ekonom senior mengusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengalihkan anggaran proyek infrastruktur yang nilainya mencapai Rp 430 triliun masuk ke dalam pembiayaan penanganan pandemik atau Corona.

“Jangan gengsi. Gunakan uang proyek insfrastruktur Rp 430 triliun, dana Saldo Anggaran Lebih (SAL), dan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) yang kurang lebih Rp 270 triliun untuk membantu kebutuhan pokok pekerja harian dan rakyat miskin. Ajak tentara, polisi, sopir ojol, RT/RW untuk distribusi makanan,” kata dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/3).

Selain itu, sambung , rencana pemerintah untuk memindahkan Ibu Kota yang memakan biaya hingga Rp 470 triliun sebaiknya juga dihentikan. Sebab, menurut , dampak pandemik virus corona terhadap perekonomian masyarakat kecil sangat terasa.

Misalnya, sebut Rizal, para buruh, tani, kuli bangunan sudah terancam menganggur. Begitu juga, pedagang sayuran, buah, penjaja makanan, dan sektor informal juga banyak yang gulung tikar karena tak ada pembeli.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video