Pasien Positif Corona Asal Kota Blitar Adalah ASN Kemenag, Baru Pulang Pelatihan di Asrama Haji | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pasien Positif Corona Asal Kota Blitar Adalah ASN Kemenag, Baru Pulang Pelatihan di Asrama Haji

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Senin, 30 Maret 2020 15:22 WIB

Plt Wali Kota Blitar Santoso memimpin rapat koordinasi pengamanan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kota dinyatakan sebagai zona merah virus Corona atau setelah seorang warganya terkonfirmasi terjangkit . Pasien positif Kota ini telah menjalani isolasi di RSUD Mardi Waluyo Kota sejak 24 Maret lalu. Namun, hasil tes swab lendir hidung dan tenggorokan baru keluar lima hari setelahnya, yakni 29 Maret kemarin.

Plt Wali Kota Santoso mengatakan, yang bersangkutan adalah warga Kecamatan Sukorejo, namun bekerja sebagai ASN di Kemenag Kabupaten . Sebelum merasakan gejala terjangkit virus Corona, dia baru saja kembali dari pelatihan petugas haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Saat masuk rumah sakit statusnya masih Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Setelah kita telusuri, ada satu orang PDP di RSUD Mardi Waluyo dinyatakan positif. Kita sudah perintahkan Dinkes untuk melakukan tracing menelusuri orang-orang yang pernah kotak erat dengan beliau. Beliau warga Sukorejo, tapi kerja di Kemenag Kabupaten . Sebelumnya beliau mengikuti pelatihan petugas haji di Surabaya. Setelah pulang beliau mengalami gangguan kesehatan dan langsung dirawat di ruang isolasi," kata Santoso, Senin (30/3/2020).

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota sekaligus Jubir Gugus Tugas Pemkot , Muchlis mengatakan, sejak masih berstatus sebagai PDP, petugas Dinkes sudah melakukan pendampingan kepada pihak kelurahan dan keluarga. Setelah terkonfirmasi positif , pihaknya kemudian melakukan pendampingan lebih ketat terhadap keluarga dan orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video