Khofifah Diberi Sebuah Pesan Sebelum Gus Dur Meninggal, Apa Pesannya? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Khofifah Diberi Sebuah Pesan Sebelum Gus Dur Meninggal, Apa Pesannya?

Sabtu, 27 Desember 2014 22:13 WIB

Khofifah Indar Parawansa. foto: kompas.com

BangsaOnline.com - Menteri Sosial Indar Parawansa ingin menyampaikan rahasia yang dipendamnya bertahun-tahun saat hadir di acara Haul Kelima Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, di Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (27/12/2014) malam.

Rahasia yang ingin ia ungkapkan adalah pesan mendiang Gus Dur beberapa saat sebelum wafat pada 30 Desember 2009 silam.

"Ada amanat Gus Dur yang mudah-mudahan malam ini, saya punya keberanian menyampaikan kepada keluarga beliau," kata di sela-sela acara haul.

Ia mengungkapkan, sejak dua tahun sebelum wafat, Gus Dur pernah memintanya menuliskan sebuah kalimat di batu nisan tempat peristirahatan akhirnya. Pesan itu diulang dan disampaikan Gus Dur pada sebanyak tiga kali dan terakhir kali diucapkan di media Oktober 2009.

"Tiga kali beliau pesan kepada saya. Mbak, kalau saya meninggal, tolong di batu nisan saya ditulisi 'The Humanist Died Here'," kata menirukan ucapan Gus Dur saat itu.

Sebagai seorang pemimpin, kata , Gus Dur dikenal sebagai tokoh pluralisme dan multikulturalisme yang bergerak karena hati nuraninya. Ia menilai, Gus Dur sebagai figur yang memiliki sisi kemanusiaan di atas rata-rata.

"Jadi mudah-mudahan hari ini saya berani menyampaikan itu. Karena selama ini saya pendam. Saya pernah tanya kepada beberapa teman, ada yang pernah diberi pesan seperti saya, tapi saya belum mendapatkan kesamaan pesan itu," pungkasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: kompas.com

 

sumber : kompas.com

 Tag:   Khofifah gus-dur

Berita Terkait

Bangsaonline Video