Plt. Kadinkes: Berjemur Tidak Bisa Obati atau Cegah Covid-19 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Plt. Kadinkes: Berjemur Tidak Bisa Obati atau Cegah Covid-19

Editor: .
Rabu, 25 Maret 2020 14:44 WIB

Trihadi Hendra Purwaka, Plt. Kepala Dinkes Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas (Dinkes) Kabupaten Pacitan, Trihadi Hendra Purwaka, mengomentari kabar yang beredar di WhatsApp, bahwa berjemur di bawah sinar matahari bisa mengobati atau mencegah terjangkitnya virus Corona.

Menurutnya, hal itu hanya mitos yang berkembang di masyarakat. Hendra menjelaskan, berjemur di bawah sinar matahari tidak bisa mematikan virus Corona.

"Berjemur di bawah matahari bisa dibilang pengobatan palsu terkait virus Corona yang telah dipatahkan WHO. Mitos lainnya adalah mengonsumsi bawang putih dan minum air setiap 15 menit. Ini juga tidak bisa diyakini kebenarannya," kata Hendra melalui ponselnya, Rabu (25/3).

Menurutnya, yang lebih penting adalah tetap menjaga stamina tubuh dengan olahraga teratur, istirahat cukup, dan tidak terlalu lapar atau haus.

"Selain itu, jaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta sesering mungkin melakukan cuci tangan pakai sabun. Kalau mengalami gejala seperti demam, batuk kering, napas pendek, dan kelelahan, kami anjurkan untuk segera menghubungi pihak medis terdekat sembari melakukan tindakan isolasi diri," tandasnya. 

Mengutip dari Kompas.com, dokter ahli gizi dan magister filsafat, Dr. dr. Tan Shot, Yen M.Hum juga membantah pemahaman bahwa berjemur badan di bawah sinar matahari secara langsung bisa mematikan virus Corona yang ada di dalam tubuh, ataupun yang sekadar menempel.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video