Pemkot Surabaya Pastikan Bahan Disinfektan Aman bagi Manusia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkot Surabaya Pastikan Bahan Disinfektan Aman bagi Manusia

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Selasa, 24 Maret 2020 22:02 WIB

Petugas melakukan penyemprotan disinfektan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah (Pemkot) Kota memastikan kandungan yang digunakan dalam bahan penyemprotan disinfektan aman dan baik untuk lingkungan maupun manusia.

Kepala Bidang Peternakan dan Penyuluhan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota , Meita Irene Wowor mengatakan, kandungan Benzalkonium Chloride tersebut biasa digunakan dalam produk sehari-hari yang dipakai manusia.

"Bahan Benzalkonium Chloride ini umum digunakan sebagai bahan antiseptik dan disinfektan. Mulai obat tetes mata, sampo, dan hand sanitizer," kata Meita, Selasa (24/3).

Ia menjelaskan, kandungan Benzalkonium Chloride ini dapat berfungsi untuk membunuh jamur, virus, serta mikroorganisme yang lain. Bahan tersebut merupakan zat kimia yang berfungsi sebagai antiseptik jika digunakan dalam konsentrasi rendah. Tetapi juga dapat berfungsi sebagai disinfektan jika digunakan dalam konsentrasi tinggi.

"Kalau secara keamanan, baik untuk lingkungan ataupun manusia, yang punya kita (produksi mandiri) ini lebih ramah. Jadi, kita pastikan aman baik dari sisi konsentrasinya maupun bahannya," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video