Ketua DPRD Gresik Desak Pemerintah Segera Cairkan DD untuk Darurat Corona | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ketua DPRD Gresik Desak Pemerintah Segera Cairkan DD untuk Darurat Corona

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Selasa, 24 Maret 2020 21:17 WIB

Ketua DPRD Gresik, Fandi Akhmad Yani.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua , Fandi Akhmad Yani merespons keresahan kepala desa (Kades) terkait tak kunjung cairnya dana desa (DD) 2020. Menurutnya, dengan mewabahnya Corona (Covid-19) saat ini, kades membutuhkan DD untuk melakukan pencegahan.

Gus Yani, begitu panggilan akrabnya, mendesak pemerintah daerah dan pemerintah pusat segera mencairkan DD. "Saya meminta pemerintah segera cairkan DD. Sebab, sangat mendesak untuk kebutuhan pencegahan sebaran Corona," ujar Gus Yani kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (24/3) malam.

"Percuma jika pemerintah mengizinkan desa menggunakan DD untuk pencegahan sebaran Corona, sementara hingga sekarang DD belum dicairkan," katanya.

"Pemerintah percuma meliburkan sekolah, meminta work from home (bekerja dari rumah), tapi dalam upaya pencegahan sebaran Corona di desa-desa melalui DD pencairannya tak dilakukan cepat. Kasihan desa-desa tak bisa berbuat banyak untuk pencegahan Corona lantaran DD belum cair, sehingga masyarakat desa menjadi resah," cetusnya.

Sementara Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Gresik, Nurul Yatim membenarkan hingga sekarang DD tahun 2020 belum cair. Ia juga mengakui, desa-desa sangat membutuhkan DD untuk penanganan darurat Corona.

"Jadi, kades saat ini harus berupaya sebisa mungkin untuk menyelamatkan warganya dari Corona. Tak tahu caranya cari talangan dana dari mana," ujar Nurul Yatim.

Menurut Yatim, dari 330 desa yang tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Gresik, sudah 90 persen mengajukan pencairan DD serta melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video