Upacara Tawur Kesangan Umat Hindu Kabupaten Kediri Tanpa Ogoh-ogoh, Dampak Corona | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Upacara Tawur Kesangan Umat Hindu Kabupaten Kediri Tanpa Ogoh-ogoh, Dampak Corona

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 24 Maret 2020 12:29 WIB

Suasana Upacara Tawur Kesanga di Pura Agung Kerta Bhuwana, Watugede, Puncu, Kabupaten Kediri. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dengan adanya pandemi Covid-19, Upacara Tawur Agung Kesanga, yang masuk dalam rangkaian ibadah Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942 digelar oleh PHDI (Parisada Hindu Dharma Indonesia) Kabupaten , dengan tidak mendatangkan banyak orang.

Upacara dipusatkan di Pura Agung Kerta Bhuwana, Dusun Sawahan, Desa Watugede, Kecamatan Puncu, Kabupaten , Selasa (24/3) pagi.

Dalam upacara Tawur Kesanga kali ini, pesertanya hanya diwakili oleh 1 pemangku dari masing-masing Pura Desa untuk mengambil Tirta.

Selain itu, juga tanpa mendatangkan ogoh-ogoh.

Tawur Kesanga adalah upacara pecaruan yang diadakan setahun sekali yang tepat pada tilem kesanga, yaitu setiap akhir pergatian tahun saka yang diatur dalam beberapa lontar.

"Tawur Kesanga dilangsungkan umat manusia dengan tujuan membuat dan memohon kepada Tuhan untuk kesejahteraan alam lingkungan," ujar Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten , Murtaji.

Ia mengatakan bahwa Upacara Tawur Agung Kesanga merupakan rangkaian ritual dalam peringatan Hari Raya Nyepi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Kediri budaya kediri

Berita Terkait

Bangsaonline Video