Sico, Bilik Sterilisasi Penyemprot Disinfektan Karya Universitas Brawijaya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sico, Bilik Sterilisasi Penyemprot Disinfektan Karya Universitas Brawijaya

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
Senin, 23 Maret 2020 21:06 WIB

Bilik Sico (Sikat Corona) yang berfungsi menyemprotkan disinfektan karya Asisten Laboratorium Proses Manufaktur 1 FT UB ketika dipasang di Balai Kota Malang disaksikan oleh Wali Kota Sutiaji dan mantan Rektor UB Prof. Dr. M. Bisri. foto: ist.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Dalam waktu dekat, akan menempatkan 20 bilik Sico (sikat corona) di titik-titik keramaian. Penyediaan bilik Sico tersebut bekerja sama dengan Fakultas Teknik (FT) Universitas Brawijaya (UB).

Sico merupakan alat bantu screening mencegah penyebaran virus . Bilik sico ini diinisiasi oleh tujuh Asisten Laboratorium Proses Manufaktur 1 Teknik Mesin FT UB Malang. Yakni Muhammad Arief Hidayat, Rafi Ramaditya, Syahrizal Maulana, Ferdiansyah Pria Nugroho, Gilang Wisnu Syah Putra, Achmad Alwan Hidayat, dan Vicky Ihz.

Muhammad Arif Hidayat, salah satu inisator bilik sico menjelaskan, cara kerja Sico cukup sederhana dan fungsional. Selain itu, harganya sangat terjangkau.

"Sico berfungsi menyemprotkan bahan yang sudah diisi disinfektan, diperuntukkan kepada benda atau orang yang berada di dalamnya. Alat sterilisasi dari virus dan kuman ini, dilengkapi satu alat spray untuk mendorong tekanan cairan antiseptik dari Dinas Kesehatan . Sehingga diperlukan standart operational procedure (SOP) dalam menggunakannya. Mengingat, antiseptik yang digunakan mengandung alkohol dan mudah terbakar," jelas Muhammad Arif H.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video