​Alwi Shihab Ajak Beragama dengan Akal Sehat, Boleh Tinggalkan Salat Jumat karena Covid-19 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Alwi Shihab Ajak Beragama dengan Akal Sehat, Boleh Tinggalkan Salat Jumat karena Covid-19

Editor: MA
Sabtu, 21 Maret 2020 12:40 WIB

Prof. Dr Alwi Shihab (kanan) dan Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, MA (kiri) dalam acara Rapat Kerja Yayasan Amanatul Ummah Pacet Mojokekrto Jawa Timur, Senin (8/7/2019). foto: bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pro-kotra tentang boleh tidaknya meninggalkan salat Jumat karena virus corona mendapat tanggapan Prof Dr Alwi Shihab. Menurut dia, kita boleh meninggalkan salat Jumat dalam kondisi emergensi virus corona atau covid-19 seperti sekarang. Alasannya, untuk menghindarkan diri dari bahaya atau malapetaka.

Alwi mengakui, belakangan ini ada pernyataan dari guru-guru kita yang menganggap tak perlu takut kepada virus corona, tapi takutlah kepada Allah SWT. Menurut Alwi, pernyataan itu benar.

“Tak ada salah dalam pernyataan itu,” tegas Alwi dalam keterangan persnya yang diterima BANGSAONLINE.com, Sabtu (21/3/2020).

Tapi, kata Alwi, sedikit keliru ketika pernyataan itu disandingkan, antara takwa dengan tidak menghiraukan bahaya (virus corona). Menurut dia, dalam al-Quran banyak anjuran agar kita menghindarkan diri dari bahaya kebinasaan.

Karena itu, Alwi yang dikenal sebagai cendekiawan muslim itu mengajak masyarakat beragama secara akal sehat. Menurut dia, dalam ajaran al-Quran jelas disebutkan: Jangan sama sekali menjerumuskan diri dalam kebinasaan.

Alwi mengungkapkan, jika kita teliti, al-Quran banyak sekali menggunakan kata-kata: afala tubshirun, tidakkah engkau melihat, tidakkah engkau tafakkur, afala tatafakkarun, tidakkah engkau tadabbur, melakukan penelitian.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video