Pemkab Pasuruan Siapkan Anggaran Rp 2,5 Miliar untuk Tangani Wabah Covid-19

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Kamis, 19 Maret 2020 16:19 WIB

Ilustrasi

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Pasuruan menyiapkan anggaran melalui pos BTT (Belanja Tak Terduga) sebesar Rp 2,5 miliar untuk menangani wabah Covid-19. Dana tersebut rencananya akan dipergunakan untuk pengadaan alat-alat kesehatan dan medis yang dibutuhkan selama 14 hari.

Asisten I Bidang Pemerintahan, Anang Syaiful Wijaya saat dikonfirmasi, KAMIS (19/3), menjelaskan anggaran yang disiapkan itu nantinya akan digunakan untuk pembelian APD (Alat Pelindung Diri), disinfektan, dan beberapa peralatan medis lainnya.

"Kalau penggunaan anggaran masih belum terserap banyak, kita harapkan bisa cukup sampai 14 hari," jelasnya tanpa merinci.

Sementara Sekretaris Komisi IV DPRD Muhammad Zaeni membenarkan bahwa pemkab telah menyiapkan anggaran BTT sebesar Rp 2,5 miliar untuk penanganan wabah Corona.

"Dana tersebut di pergunakan untuk pengadaan alat alat kesehatan yang berkaitan dengan penanganan wabah Corona selama 14 hari," jelas politikus PKS ini usai rapat dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), KAMIS (19/3).

Keterangan yang sama disampaikan oleh Gus Halim, anggota Komisi IV DPRD. "Untuk penanganan wabah virus corona di Kabupaten Pasuruan yang lumayan luas ini memang membutuhkan anggaran yang lumayan besar. Dari hasil rapat dengan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, estimasinya membutuhkan dana Rp 13 miliar," ungkapnya.

Dana puluhan miliar tersebut harus disiapkan Pemkab Pasuruan karena pemerintah pusat melakukan perpanjangan waktu kedaruratan hingga lebih dari akhir Maret 2020.

"Kalau untuk lebih jelasnya penggunakaan anggaran tersebut silakan ditanyakan kepada Dinas Kesehatan atau Asisten I," jelas politikus Nasdem ini. (bib/par/rev)