Stok Bahan Pokok Aman, Gubernur Khofifah Minta Tak Ada Panic Buying di Tengah Wabah Covid-19 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Stok Bahan Pokok Aman, Gubernur Khofifah Minta Tak Ada Panic Buying di Tengah Wabah Covid-19

Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Senin, 16 Maret 2020 23:49 WIB

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur memastikan kondisi persediaan bahan pokok di Jawa Timur dalam posisi aman hingga beberapa bulan ke depan. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu melakukan panik belanja atau berbelanja dalam jumlah besar.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Senin (16/3) petang, menyampaikan stok bahan pokok seperti beras, minyak goreng, telur ayam, daging sapi, daging ayam, dan gula dalam keadaan cukup hingga beberapa bulan ke depan.

Buffer stock kita dalam kondisi yang sangat aman. Jadi saya minta masyarakat tidak melakukan panic buying dan melakukan aksi borong bahan pokok,” kata Khofifah.

Dari data per hari ini, diketahui untuk stok beras Jawa Timur masih akan surplus hingga bulan Juni mendatang. Total surplus beras di Jatim secara kumulatif hingga bulan Juni 2020 mendatang mencapai 2,3 juta ton.

Sedangkan untuk gula, diketahui stoknya aman hingga dua bulan ke depan. Di mana stok gula di Jatim saat ini mencapai 71 ribu ton, dengan rata-rata konsumsi 37 ribu ton per bulan. Sehingga stok gula di Jatim masih akan aman hingga dua bulan ke depan.

Sedangkan untuk daging sapi, stok di Jawa Timur hingga bulan Juni persediannya mencapai 41.074 ton. Dengan perkiraan kebutuhan sebesar 38.406 ton, maka hingga bulan Juni mendatang Jatim masih akan surplus sebanyak 2.668 ton.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video