DLH Malang Sosialisasikan Pengelolaan Bank Sampah di Desa Dawuhan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

DLH Malang Sosialisasikan Pengelolaan Bank Sampah di Desa Dawuhan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Tuhu Priyono
Minggu, 15 Maret 2020 16:58 WIB

Suasana sosialisasi pengelolaan bank sampah di Balai Desa Dawuhan.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Desa Dawuhan tak henti-hentinya menggeliatkan beragam program dalam hal meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Salah satunya melalui program bank sampah yang dikomandoi Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang, Renung Rubiartaji, Minggu (15/03/2020).

Dalam programnya, DLH melakukan sosialisasi tentang bank sampah dan pendampingan pengelolaan sampah berbasis masyarakat. Sosialisasi itu dilakukan di Balai Desa Dawuhan, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Renung Rubiyartaji memberikan pemaparan kepada warga Dawuhan tentang manfaat dan tanggung jawab pengelolaan sampah berbasis bank sampah. DLH juga melakukan pengenalan sosialisasi bank sampah terlebih dahulu kepada masyarakat Dawuhan, agar mereka tertib dan punya tanggungjawab mengolah sampah serta tak membuang sampah sembarangan.

Selain itu, hal ini untuk menggerakkan warga mengolah dan memilah sampah, mana yang bisa dijadikan daur ulang atau ditabung di bank sampah. Dengan adanya bank sampah, masyarakat bisa menabung sampah untuk ditukarkan dengan uang yang mampu menjadi penopang perekonomian masyarakat.

"Bank sampah bukan mendidik warga menjadi pemulung yang mengambil sampah ke sana ke mari. Tapi mereka mengolah sampahnya di masing-masing rumah. Setelah sampah terkumpul banyak, bisa ditimbang ke koordinator bank sampah desa," bebernya.

Setelah sampah ditimbang, akan ada pencatatan di buku tabungan nasabah (warga), berapa jumlah sampah yang terkumpul. Juga sudah ada nominal harganya dari proses transasksi penjualan sampah tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video