Dukung Program YESS, DPKP Pasuruan Jemput Bola Lakukan Pendataan Petani Milenial

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Selasa, 10 Maret 2020 18:55 WIB

Ilustrasi

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk menciptakan wirausawan muda di sektor pertanian, pemerintah melalui Kementerian Pertanian meluncurkan program YESS (Youth Entrepreneurship and Employment Support Service). 

Program ini membidik kalangan pemuda dan pemudi agar menjadi wirasausaha muda di bidang pertanian, juga untuk melahirkan tenaga kerja muda pertanian yang kompeten.

Program YESS ini rencananya akan dilaksanakan di 3 Polbangtan (Politeknik Pembangunan Pertanian), yakni Bogor Jawa Barat, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Malang Jawa Timur. Selain itu, juga di SMKK PP Banjarbaru Kalimatan Selatan.

Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pasuruan turut mendukung program Kementan yang kerja sama dengan IFAD ini. Kepala DPKP Drh. Irianto mengatakan, pihaknya sudah melakukan langkah jemput bola dengan melakukan pendataan ke beberapa desa, utamanya yang memiliki kelompok tani kalangan muda.

"Kita sudah melakukan pendataan di beberapa desa yang memiliki kelompok tani milenial untuk nantinya kita jadikan pilot proyek kegiatan yang digagas oleh pusat," jelas Irianto.

Sasaran program YESS ini, lanjut Irianto, memang pemuda-pemudi yang memiliki pendapatan di bawah garis kemiskinan nasional atau rata-rata pendapatan di bawah Rp 45 ribu per hari. Mereka yang sudah berhasil setelah mendapat pelatihan dan pembinaan diharapkan menjadi petani contoh/model bagi petani lainnya.

Menurutnya, pendataan calon penerima manfaat program YESS sangat dibutuhkan untuk mendukung terlaksananya program sesuai dengan output yang diharapkan. Yakni melahirkan wirausahawan dari kalangan petani milenial yang kompeten, serta mampu menularkan kepada petani muda lainnya. (bib/par/rev)