Cegah DBD, Kadinkes Pacitan: Jangan Asal Lakukan Fogging | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Cegah DBD, Kadinkes Pacitan: Jangan Asal Lakukan Fogging

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Rabu, 26 Februari 2020 16:57 WIB

dr. Eko Budiono, Kepala Dinas Kesehatan Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Meningkatnya penderita demam berdarah dengue (DBD) di Pacitan dalam satu bulan terakhir ini, membuat masyarakat resah. Apalagi satu pasien yang masih anak-anak meninggal dunia karena keterlambatan penanganan.

Terkait hal ini, sejumlah warga meminta dinas terkait untuk segera melakukan penyemprotan (fogging) agar nyamuk aedes aegypti penyebab DBD mati. Namun, tidak semua pengajuan fogging itu dikabulkan oleh Dinas Kesehatan. Seperti yang dialami masyarakat lingkungan Ngawen, Desa Semanten, Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

"Kami mencoba meminta fogging melalui puskesmas pembantu, namun ditolak, alasannya belum ada orang yang menderita DBD. Nanti kalau sudah ada baru bisa di-fogging. Kami hanya diminta untuk melakukan tindakan menguras, menimbun, dan menutup agar jentik mati. Kalau menunggu ada penderita kan lucu, buktinya korban yang meninggal dunia itu di lingkungannya sudah gencar melakukan pemberantasan, namun nyatanya masih kecolongan," terang Purwiyanto, Rabu (26/02).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video