Komunitas Masyarakat Tapanuli Usulkan Wali Kota Surabaya Mendatang Tambah Ruang Berkesenian | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Komunitas Masyarakat Tapanuli Usulkan Wali Kota Surabaya Mendatang Tambah Ruang Berkesenian

Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Minggu, 23 Februari 2020 23:20 WIB

Irpan Harianja, Ketua Komunitas Masyarakat Tapanuli (KMT) di Surabaya. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebagai kota metropolitan, Surabaya sangat majemuk, baik agama, suku, etnis, maupun kebudayaan. Karena itu, penduduk Surabaya tak hanya mereka yang berasal dari wilayah Jawa Timur, tetapi juga pendatang asal luar Jawa Timur.

Irpan Harianja, Ketua Komunitas Masyarakat Tapanuli (KMT) di Surabaya mengakui selama ini Surabaya tempat yang nyaman untuk tinggal dan mencari nafkah. Tak pernah ada diskiriminasi suku, ras, agama, atau golongan (SARA) di ibu kota Provinsi Jawa Timur tersebut. Menurut, pria yang berprofesi sebagai Notaris itu, selama ini pemerintah kota Surabaya memperlakukan sama warganya.

Terkait Pemilihan Wali Kota Surabaya yang akan digelar pada September mendatang, Irpan punya harapan agar pemimpin Surabaya terpilih nanti menambah ruang berkesenian bagi seni budaya dari seluruh Indonesia. Ia berharap ada gedung kesenian di tiap kecamatan atau paling tidak di tiap wilayah, seperti Surabaya Barat, Timur, Selatan, maupun Utara.

"Surabaya ini miniatur Indonesia, demikian pula keseniannya. Saya melihat Balai Pemuda tidak cukup untuk menampung agenda kegiatan dari komunitas atau masyarakat. Karena itu, perlu dibangun gedung kesenian di tingkat Kecamatan untuk mengakomodir komunitas seni yang ada di Surabaya," tutur Irpan kepada wartawan, Minggu (23/2).

Irpan mengungkapkan seni dan budaya adalah bagian dari pembentukan karakter dan mental generasi muda. Karena itu, perlu dibuka ruang berkesenian selebar-lebarnya untuk warga Surabaya, khususnya generasi muda. Dengan begitu, generasi muda punya penyaluran kegiatan positif sehungga menjauhkan dari tindak kriminalitas.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video