Sebut Rekom Partai Mahal, Mantan Wawali Blitar Resmi Serahkan Berkas Dukungan Calon Perseorangan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Sabtu, 22 Februari 2020 18:14 WIB

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar Purnawan Buchori - Indri Kuswati usai menyerahkan berkas dukungan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pasangan bakal calon Wali Kota Blitar Purnawan Buchori - Indri Kuswati menyerahkan berkas dukungan calon perseorangan ke KPU Kota Blitar, Sabtu (22/2/2020).

Purnawan yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Wali Kota Blitar itu membawa sebanyak 13.024 fotokopi dukungan.

"Kami menyerahkan berkas dukungan berupa blanko B1 dan fotokopi pendukung sebanyak 13.024 dukungan. Jadi jumlah dukungan yang kami serahkan sudah melebihi jumlah minimal yang ditetapkan KPU sebanyak 11 ribu," ungkap Purnawan.

Ditanya kenapa tidak memilih maju lewat partai politik, Purnawan memberi jawaban mengejutkan. Kata Purnawan, untuk maju menjadi Bacawali melalui Parpol harus ada rekomendasi. Sementara, rekomendasi parpol, kata dia, harus didapat dengan biaya yang cukup mahal.

"Yang jelas kita semua tahu kalau lewat partai rekomnya kan mahal. Kami berpikir, rekom partai mahal nanti ke depannya pasti istilah bahasa jawanya akan "Golek Balen" (cari ganti). Kita tidak ingin seperti itu. Kita niat berjuang dari hati yang murni. Kita berharap dukungan murni pengabdian kami ke kota Blitar juga Murni," tegas Purnawan.

Ia meyakini dukungan masyarakat yang diberikan kepadanya adalah dukungan yang berkualitas. Artinya, masyarakat yang mendukungnya tidak meminta imbalan apapun ketika dirinya meminta dukungan.

"Ketika tim kami cari dukungan, kami hanya mencari pendukukung yang ikhlas dan murni mendukung. Jika ada yang meminta sesuatu langsung kami tinggal. Kami mencari pendukung yang ikhlas. Semuanya murni. Saya harap kemurnian dukungan ini terbawa hingga ke proses verifikasi bahkan sampai ke bilik suara," imbuhnya.

Sementara Ketua KPU Kota Blitar Choirul Umam mengatakan, Purnawan Buchori-Indri Kuswati merupakan pasangan kedua yang menyerahkan berkas dukungan ke KPU Kota Blitar.

Sebelumya pasangan yang maju lewat jalur perseorangan lainnya juga telah menyerahkan berkas dukungan. Mereka adalah pasangan Lisminingsih dan Teteng Rukmo Condrono. Pasangan ini menyerahkan jumlah dukungan sebanyak 12.500.

"Iya, hari ini kita menerima paslon yang kedua untuk perseorangan setelah kemarin ada tim dari Bu Lis dan Pak Teteng. Prosesnya sudah kita cek jumlah berkas, kita registrasi dan nanti akan dicek jumlah dukungan minimal dan kesesuaian berkas," tutur Umam.

Untuk diketahui, syarat dukungan minimal calon perseorangan di Kota Blitar ialah 11.355 atau sepuluh persen dari 113.544 jumlah Daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Blitar. Dukungan bakal calon perseorangan itu harus tersebar minimal di dua kecamatan. Syarat dukungan yang diserahkan berupa berkas dukungan yang dilengkapi kotokopi KTP dan bertanda-tangan. (ina/rev)