Urai Kemacetan di Jalur Wisata Prigen, Pemkab Pasuruan akan Usulkan Pelebaran Jalan

Editor: .
Wartawan: Ahmad Habibi
Jumat, 21 Februari 2020 23:26 WIB

Kemacetan yang terjadi di jalur Prigen sejak wisata Cimory Dairyland dibuka. (foto: Rizal Syatori/ Radar Bromo)

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas menuju kawasan wisata Prigen - Kabupaten Pasuruan seperti ke jalur wisata pintu langit dan PT Cimory, Pemkab Pasuruan berencana akan melakukan pelebaran akses jalan jalan alternatif. Langkah ini dilakukan untuk mengurai kemacetan, utamanya yang terjadi hampir setiap akhir pekan atau libur panjang.

Namun, karena anggaran yang dibutuhkan pelebaran jalan lumayan besar, Pemkab Pasuruan akan mengajukan usulan ke Provinsi pada tahun 2021 mendatang. Ada beberapa ruas yang akan diajukan pelebaran, yakni ruas Jetak - Dayurejo Prigen, ruas Pandaan - Prigen, dan ruas Plintahan - Ketanien Prigen.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Ir. Hanung Widya Sasangka, Jumat (21/2).

Ia mengatakan bahwa wisata di wilayah Prigen seperti pintu langit dan PT Cimory saat ini manjadi jujukan wisatawan dari luar Pasuruan seperti Sidoarjo, Surabaya,   juga beberapa kabupaten lainnya.

"Tingginya volume wisatawan yang hendak berlibur ke Prigen memang tidak seimbang dengan akses jalan, sehingga tak jarang menimbulkan kemacetan. Kita sudah melakukan kajian. Hasilnya  kita jadikan dasar untuk mengusulkan pelebaran jalan dan peningkatan jalan-jalan ke provinsi," jelasnya.

Ia berharap usulan peningkatan dan pelebaran jalan yang diajukan ke provinsi bisa terealisasi pada tahun depan, sehingga tempat-tempat wisata di Kabupaten Pasuruan bisa mudah dijangkau oleh wisatawan. (bib/par/rev)