​Terima Dubes Australia, Gubernur Jatim Ajak Kerja Sama Pendidikan Vokasi dan Kemaritiman | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Terima Dubes Australia, Gubernur Jatim Ajak Kerja Sama Pendidikan Vokasi dan Kemaritiman

Editor: MA
Kamis, 20 Februari 2020 19:19 WIB

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menerima Dubes Australia Gary Quinlan Ao di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (20/2). Foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Untuk mempererat hubungan antara Pemerintah dengan , Dubes Gary Quinlan Ao bertemu Gubernur Jatim Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (20/2).

Pertemuan yang berjalan akrab dan bersahabat itu membicarakan berbagai kerja sama bilateral bidang wisata, perdagangan, pendidikan vokasi dan kemaritiman.

Usai menggelar pertemuan, Gubernur menyampaikan bahwa pendidikan vokasi di sangat maju, khususnya di sektor kemaritiman. Diakuinya lebih berpengalaman di sektor teknologi kemaritiman. Oleh sebab itu, dirinya berharap ada kerja sama lebih erat untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Jatim khususnya bagi usia muda.

"Saya berharap ada proses magang disana, misalnya di Perth begitu pula dengan mentornya. Hasilnya adalah selain SDM kita memiliki pengalaman dan skill, juga memperoleh sertifikasi dan jaringan dari ," ujarnya.

Sertifikasi tersebut, lanjut , bisa menjadi bekal para tenaga yang sudah magang di , khususnya ketika digunakan untuk masuk dunia kerja.

"Semua proses dilakukan secara digital IT. Apabila tenaga kerja kita tidak dibekali skill yang sesuai, maka akan tertinggal dengan negara lain," lanjutnya.

menjelaskan, setiap tahunnya di Jatim ada sekitar 800 ribu angkatan kerja baru. Pihaknya telah mempersiapkan sejak dini agar tenaga kerja tersebut bisa diserap oleh dunia industri. Diantaranya 20 SMK berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), sehingga bisa mengakses pasar secara langsung. Kemudian, ada 100 pondok pesantren yang menyelenggarakan pendidikan vokasi yang santrinya dibekali soft skill.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video