MKKS Kota Batu Sambut Baik Perubahan Skema Penyaluran Dana BOS | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

MKKS Kota Batu Sambut Baik Perubahan Skema Penyaluran Dana BOS

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Selasa, 18 Februari 2020 12:05 WIB

Drs. Pamor Patriawan, M.M., Ketua MKKS Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Batu yang membawahi 11 SMA, baik negeri maupun swasta menyambut baik kebijakan pemerintah terkait perubahan mekanisme penyaluran . Jika sebelumnya disalurkan dari rekening kas umum negara ke kas umum daerah, maka mulai tahun ini dana bos ditransfer langsung dari rekening kas umum negara ke rekening masing-masing sekolah.

"Kami mengapresiasi kebijakan pemerintah terkait mekanisme penyaluran BOS tahun ini. Dengan transfer langsung dari rekening kas umum negera ke rekening sekolah, maka nanti tidak ada lagi sekolah yang mengeluh kekurangan anggaran karena transfer nya terlambat," ujar Drs. Pamor Patriawan, M.M., Ketua MKKS Kota Batu kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (18/2).

Diakui, selama ini beberapa sekolah mengeluh karena transfer sering terlambat. Akibatnya, ada sekolah yang terpaksa meminjam dana talangan dari pihak ketiga untuk menutupi biaya operasional di sekolahnya.

Pihak sekolah juga merespons positif kebijakan pemerintah yang memberikan kelonggaran penggunaan untuk biaya operasional di sekolah. Jika sebelumnya tidak boleh digunakan untuk membayar tenaga honorer, maka melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 008 Tahun 2020 tentang Juknis pelaksanaan BOS, bahwasanya 50 persen dana bos dapat dialokasikan untuk membayar tenaga honorer.

"Tentu karena ini uang negara, maka berbagai kelonggaran yang diberikan pemerintah terkait penggunaan ini harus kita imbangi dengan tanggung jawab yang besar. Laporan harus jelas dan dapat dipertanggungjawabkan," terang Pamor Patriawan yang juga Kepala SMA Negeri 2 Batu ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video