PT. Bondvast Indo Sukses Didemo Warga, Tuntut Uang Kompensasi Bising Mesin Pabrik Rp 25 Juta

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Soffan Soffa
Senin, 17 Februari 2020 14:08 WIB

Warga saat aksi di pintu keluar pabrik PT. Bondvast Indo Sukses. foto: SOFFAN/ BANGNSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Puluhan warga Dusun Sugihwaras, Desa Sampang Agung, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Senin (17/02), melakukan demo ke PT. Bondvast Indo Sukses Kutorejo. Mereka menagih realisasi uang kompensasi suara bising dampak dari aktivitas produksi mesin pabrik.

Seperti penuturan Sumaji, warga yang rumahnya berada beberapa meter dari bangunan pabrik yang bergerak di bidang mebeler tersebut. "Terus terang, kami menagih janji dari perusahaan yang dalam pertemuan sebelumnya telah sepakat akan memberikan kompensasi akibat suara bising yang ditimbulkan sebesar Rp 25 juta," terangnya.

Menurutnya pihak pabrik selalu ingkar janji atas kesepakatan yang sudah dibuat. "Ini sudah dua minggu dari pertemuan terakhir, terlalu lama pihak manajemen memutuskan masalah dengan warga, jadi hari ini kami kembali berorasi," tambahnya.

Akibat tidak mendapatkan tanggapan dari pihak pabrik, warga pun menduduki dan menutup akses di pintu keluar pabrik. Tidak lama berselang, Kepala Desa Sampang Agung Ikwan datang ke lokasi dan memberikan tanggapan tentang keluhan warganya.

"Barusan saya dihubungi pihak pengacara dari perwakilan pabrik, yang intinya hari ini masalah ini akan segera diselesaikan. Untuk itu, saya harapkan warga bisa lebih sabar dan menunggu hasil kesepakatan ini," terangnya.

Usai ditemui Kepala Desa, warga pun berangsur meninggalkan lokasi dan hanya beberapa perwakilan warga yang menunggu kabar terbaru dari pihak manajemen perusahaan. (sof/rev)