21 Mahasiswa Asal Tuban Dapat Beasiswa dari Pertamina

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Jumat, 14 Februari 2020 19:25 WIB

Mahasiswa asal Tuban yang mendapatkan beasiswa dari Pertamina.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 21 mahasiswa asal Kabupaten Tuban mendapatkan beasiswa kuliah gratis dari Pertamina. Mereka mendapatkan beasiswa untuk mengenyam pendidikan pada program Diploma III di Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu, di Blora, Jawa Tengah.

"Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa berprestasi asal Tuban, terutama yang tinggal di ring satu proyek pembangunan Kilang Tuban," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman saat berada di wilayah kilang Tuban, Jum'at (14/2).

Ia menambahkan, pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi ini sebagai komitmen Pertamina dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Harapannya, bisa mendukung proyek Grass Root Refinery (GRR) Tuban. Sebab, Kilang Tuban merupakan salah satu dari 6 proyek besar Pertamina dalam rangka mewujudkan swasembada dan kemandirian energi nasional.

"Proyek ini akan memberikan dampak besar bagi regional, terutama masyarakat Tuban. Karena itu, sejak dini kita siapkan SDM berkualitas sehingga nantinya bisa berperan dalam operasional Kilang Tuban," tambahnya.

Fajriyah menjelaskan, beasiswa ini ditanggung penuh oleh Pertamina melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporation Social Responsibility (CSR). Setiap mahasiswa, mendapatkan beasiswa selama 6 semester atau hingga lulus kuliah.

"Pemberian beasiswa dilakukan melalui proses seleksi terbuka dan bisa diikuti oleh seluruh pelajar Tuban, terutama di sekitar wilayah kilang," imbuhnya.

Fajriyah berpesan, kepada para mahasiswa yang lolos seleksi agar serius belajar dan menunjukkan prestasi yang membanggakan. Untuk itu, perlu dukungan dari para orang tua, agar anak-anaknya bisa menuntaskan kuliah hingga diwisuda.

"Kami terus berkomitmen meningkatkan SDM di wilayah operasi, baik melalui pemberian beasiswa maupun program CSR lainnya," pungkasnya. (gun/rev)