Pemerintah Pusat Siapkan Rp 568 Miliar untuk Fungsikan Kali Mati | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemerintah Pusat Siapkan Rp 568 Miliar untuk Fungsikan Kali Mati

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Senin, 10 Februari 2020 21:52 WIB

Sejumlah bangunan tampak berdiri di sempadan Kalimati yang rencananya akan dinormalisasi dan dimanfaatkan kembali sebagai aliran sungai. foto: Tribunnews

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Upaya mengatasi persoalan banjir akibat luapan dari sungai Wrati yang melanda wilayah Kecamatan Gempol, Kecamatan Beji, dan sebagian wilayah Bangil, mulai ada titik terang. Ini setelah BBWS yang memiliki kewenangan penanganan sungai Wrati akhirnya menyetujui usulan Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Menurut Kepala Dinas Sumberdaya Air dan Tata Ruang Ir. Misbah Zunib, Senin (10/2), pemanfaatan kali mati direspons Pemerintah melalui keluarnya Perpres RI no 80 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi kawasan Gresik - Bangkalan - Mojokerto - Surabaya - Sidoarjo - Lamongan (Gerbangkertasusila), Kawasan Bromo - Tengger - Semeru, serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

"Dalam perpres tersebut, pemerintah pada tahun 2021 akan melakukan normalisasi Bangil Tak dengan anggaran Rp 568 miliar rupiah. Untuk proses lelang semuanya dilakukan oleh pusat, daerah hanya menerima manfaat saja," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video