Siaga Serangan Coronavirus, Dinkes Pacitan Bentuk Kader Posyandu Tiap Desa

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Minggu, 09 Februari 2020 19:32 WIB

Ilustrasi

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan memastikan sampai saat ini belum ada warga terduga terpapar serangan coronavirus. Namun begitu, Kepala Dinkes setempat Eko Budiono meminta agar semua jajaran unit pelaksana teknis (UPT) Puskesmas yang ada di Pacitan tetap siaga.

"Kita selalu mengikuti arahan dari pusat maupun provinsi, terkait antisipasi serangan coronavirus. Bahkan semua puskesmas telah kita siapkan untuk segera mengambil langkah-langkah kedaruratan seandainya ditemukan ada pasien yang mengalami gejala klinis terpapar coronavirus," ujar Eko melalui ponselnya, Ahad (9/2).

Menurut Eko, kesiagaan terhadap serangan coronavirus bukan hanya di puskesmas. Namun, pihaknya juga telah mempersiapkan kader-kader posyandu di setiap desa. 

"Mereka siaga aktif. Seandainya menemukan warga atau pasien dengan gejala mengarah ke coronavirus agar segera bertindak dan melaporkan ke puskesmas ataupun langsung ke Dinkes," jelas Eko.

Selain itu, pihaknya juga telah mempersiapkan pemeriksaan epidemiologi, termasuk uji laboratorium bagi pasien yang mungkin memiliki gejala klinis serangan coronavirus. 

"Kita juga telah perintahkan ke semua puskesmas untuk selalu mempersiapkan obat penurun panas, dan obat flu lainnya sebagai langkah antisipasi. Dan untuk laboratorium, kita sudah koordinaai dengan Pemprov Jatim," tandasnya. (yun/ian)