Angin Kencang Sapu Blitar Raya: Bangunan Rusak, Puluhan Pohon Tumbang, Satu Tower Roboh

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Jumat, 07 Februari 2020 17:15 WIB

Sebuah mobil tertimpa bangunan yang ambruk akibat diterjang angin kencang.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kabupaten dan Kota Blitar, Jumat (7/2/2020). Di Kota Blitar, sejumlah pohon dilaporkan roboh. Salah satunya di Jalan Sumatera, pohon berukuran raksasa tumbang hingga melintang menutup akses. Dua teras rumah yang berada di dekatnya juga terdampak di bagian terasnya.

"Kami menerima sejumlah laporan pohon tumbang. Salah satunya yang berukuran cukup besar adalah pohon yang ada di Jalan Sumatera. Saat ini petugas BPBD, Satpol PP, TNI, dan Polri sedang melalukan pembersihan karena pohon itu melintang di badan jalan serta menimpa dua teras rumah," ungkap Plt Kasatpol PP Kota Blitar Hadi Maskun.

Tak hanya di Jalan Sumatera, Hadi Maskun menjelaskan ada beberapa pohon lain di beberapa titik juga tumbang disapu angin. Di antaranya di Jalan Sumatera, Kelurahan Blitar, Jalan Sumba, Jalan Kalimantan, dan Jalan Simpang Pramuka.

"Laporan dari petugas kami di lapangan masih terus kami update. Kami cek satu per satu di mana saja yang terdampak. Namun, kami fokus di Jalan Sumatera, karena lumayan parah. Selain menutup jalan, pohon tumbang juga menimpa teras dua rumah. Kalau di Kelurahan Blitar hanya menutup akses jalan," terangnya.

Sementara di wilayah Kabupaten Blitar, kerusakan akibat angin kencang terjadi di Kecamatan Sanankulon, Kanigoro, Talun, dan Wlingi. Data BPBD Kabupaten Blitar, pohon tumbang terbanyak dilaporkan di Kecamatan Wlingi.

Selain itu, di Lingkungan Beru, Wlingi, satu tower Telkomsel ambruk.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar Ahmad Cholik, mengungkapkan saat ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan petugas di lapangan untuk memastikan jumlah rumah terdampak bencana angin kencang tersebut.

"Pohon tumbang paling banyak di Kecamatan Wlingi. Di sana (Wlingi) juga ada laporan sebuah tower milik Telkom ambruk," kata Cholik.

Akibat peristiwa ini, bahkan plafon gedung paripurna DPRD Kabupaten Blitar rontok. Sejumlah anggota DPRD yang sedang berada di dalam gedung sempat merekam kejadian tersebut. Selain plafon rontok, sejumlah pohon di halaman gedung DPRD juga tumbang.

"Selain plafon, pohon juga ada yang tumbang bahkan di belakang ada kanopi ambruk menimpa mobil elf," ujar Sugianto anggota Komisi III DPRD Kabupaten Blitar. (ina/rev)